Cara Mencegah Tanah Longsor - Kenali Metode Ini






Sementara definisi tanah longsor, yang menyatakan bahwa itu adalah slide dari banyak kotoran dan batu yang menurun, mungkin membuatnya tampak cukup sederhana, sebuah pandangan setelah terjadinya bencana alam ini menghasilkan gambaran mengerikan yang sama. Apakah tanah longsor benar-benar bencana alam, atau apakah kita manusia menggali kuburan kita sendiri? Nah, itu pertanyaan yang perlu sedikit merenung, dengan beberapa aktivitas manusia termasuk dalam daftar penyebab terlambat. Sementara deforestasi, konstruksi, pertambangan, dan penyebab tanah longsor lainnya yang dikaitkan dengan aktivitas manusia dapat diatasi, juga mencakup beberapa tindakan sederhana yang dapat membantu mencegah terjadinya tanah longsor di daerah dimana lereng tidak stabil.

Ancaman tanah longsor

Jika Anda tinggal di daerah pegunungan - terlepas dari apakah rumah Anda terletak di puncak gunung atau dekat dengan dasarnya, Anda rentan terhadap masalah tanah longsor. Sementara masalahnya mungkin berbeda dalam hal tingkat dari satu wilayah ke daerah lain, mengesampingkan tanah longsor adalah sesuatu yang tidak terlalu bijaksana untuk dilakukan. Misalnya, kemungkinan yang sama bahkan lebih jika daerah Anda rentan terhadap gempa bumi atau jika beberapa agen erosi lain - seperti gelombang laut dan angin, terus bertindak berdasarkan bentuk lahan tempat Anda membangun tempat tinggal Anda. Demikian pula, kemungkinan kemiringan yang mengambang pada tekanan yang sangat besar tinggi, jika pertambangan, penggalian batu, penebangan kayu, dan aktivitas lainnya biasa terjadi di wilayah Anda.

Bahkan pembebasan lahan untuk praktik pertanian dapat menyebabkan tanah longsor karena pepohonan yang memiliki tanah yang tidak stabil sama-sama dipotong dalam jumlah besar. Erosi tanah yang disebabkan oleh air yang mengalir sejauh ini merupakan alasan paling umum untuk tanah longsor. Ini bisa termasuk aliran alami dan sungai serta drainase dari rumah-rumah yang telah dibangun di puncak bukit, karena keduanya memiliki kecenderungan untuk secara perlahan mengikis sepotong kemiringan sampai tingkat dimana kemiringan keseluruhan hanya memberi tekanan meningkat. Membangun hunian di lereng curam sama sekali bukan pilihan bijak, namun kenyataan bahwa kita menghadapi kekurangan lahan yang parah dengan jumlah penduduk yang meningkat membuat banyak orang memilih hal yang sama.

Metode untuk Mencegah Tanah Longsor

Jika Anda bahkan memiliki sedikit perasaan bahwa tempat tinggal Anda rentan terhadap tanah longsor, lebih baik beraksi dan melakukan semua upaya Anda untuk menghindari bencana ini. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, erosi tanah adalah salah satu alasan yang paling umum untuk tanah longsor, dan karena itu mencegahnya dapat membantu Anda mengurangi risiko tanah longsor secara signifikan, jika tidak menghilangkan semuanya sama sekali.

Mencegah Erosi Tanah
Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengalihkan air buangan dari lereng dengan membuat selokan dan menggunakan karung pasir. Jika tidak ada ruang untuk pengalihan - terutama jika sumber air alami, Anda dapat memuat kecepatannya dengan membangun bendungan kecil; Sehingga untuk memastikan bahwa jumlah erosi di cek. Kecepatan air menentukan berapa banyak tanah yang terkikis, dan karenanya mengandung kecepatannya pasti akan membantu. Penting untuk memastikan bahwa Anda mengalihkan atau menahan aliran air - dan tidak menghentikannya sama sekali, karena menghentikannya akan menghasilkan tekanan selama suatu periode, yang mungkin akan terjadi pada satu titik waktu. Jangan sekali-kali mengalihkan saluran pembuangan atau selokan jalanan ke lereng, meskipun tampaknya jalan keluar yang mudah. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan pipa fleksibel dan mengalihkan air ini dengan cara yang aman.



Tanaman Vegetasi
Cara lain yang sederhana untuk mencegah tanah longsor adalah menanam pohon dan semak kecil di lereng. Seiring pepohonan dan semak-semak ini tumbuh, akar mereka memegang tanah bersama, dan membantu mengurangi erosi tanah yang cenderung membuat lereng tidak stabil dalam perjalanan waktu. Sebenarnya, ada beberapa spesies tanaman dengan akar dangkal yang secara khusus digunakan untuk melindungi lapisan atas tanah di daerah pegunungan. Anda dapat menanyakan tentang tanaman ini di pembibitan di lingkungan Anda, dan menanamnya di sepanjang lereng.

Dinding penahan
Dinding penahan juga bisa sangat membantu, tapi hanya bila Anda memastikan Anda membangunnya dengan benar. Jika Anda tidak memfasilitasi drainase air yang tepat, kemungkinan dinding akan turun dengan seluruh lereng setelah beberapa saat. Anda dapat menggunakan salah satu dari berbagai jenis dinding penahan yang tersedia berdasarkan geologi wilayah Anda. Sementara dinding penahan beton merupakan pilihan ideal, dinding penahan kayu atau dinding penahan batu mentah juga akan bekerja dengan baik. Demikian pula, membangun dinding laut akan menjadi pilihan ideal jika bentuk lahan yang dimaksud terkena gelombang laut.

Mengubah Gradien Lereng
Jika memungkinkan, Anda harus memilih gradasi kemiringan - di mana Anda melepaskan material dari bagian atas lereng dan meletakkannya di dekat dasar dan mengurangi gradiennya. Karena ini adalah tugas yang agak rumit, akan lebih bijak untuk mendapatkan bantuan dari seseorang yang memiliki keahlian profesional dalam pekerjaan semacam itu. Pada saat yang sama, Anda harus menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas seperti menggali dan menumpuk sampah di lereng yang tidak stabil - yang keduanya kemungkinan merupakan pemicu tanah longsor.

Meskipun tindakan ini sangat membantu dalam mengurangi keseluruhan risiko yang terkait, namun tidak mungkin untuk mengesampingkan terjadinya bencana alam ini, bahkan setelah mengambil semua tindakan pencegahan ini. Ada beberapa penyebab alami tanah longsor, termasuk gerakan tektonik, air tanah, pencairan salju, dan lain-lain, yang dapat melepaskan malapetaka, dan karenanya jalan keluar terbaik adalah dengan menghindari membangun tempat tinggal Anda di wilayah yang rentan terhadap tanah longsor - atau bangunan lainnya. Bencana alam yang bisa memicu satu.

Komentar

Postingan Populer